Minggu, 28 April 2013

profil lengkap Ronaldinho


Nama Lengkap : Ronaldo de Assis Moreira
Tempat Lahir : Porto Alegre, Brazil
Tanggal Lahir : 21 Maret 1980
Kebangsaan : Brazil
Posisi : Penyerang
Bermain di Klub : Flamengo

Ronaldo de Assis Moreira yang lebih dikenal dengan sebutan Ronaldinho lahir pada tanggal 21 Maret 1980 di Porto Alegre, Brasil. Pemain berkebangsaan Brasil ini menempati posisi sebagai gelandang serang.



Ronaldinho adalah bahasa Portugis untuk Ronaldo Kecil. Dia dikenal dikenal di Brasil dengan sebutan Gaucho, untuk membedakannya dengan Ronaldo, yang sudah dipanggil dengan Ronaldinho di Brasil. Ronaldo akhirnya lebih memakai nama Ronaldo di Eropa, yang membuat Ronaldinho tidak perlu memakai Gaucho dan tetap Ronaldinho saja.

Kemampuan bermain bola Ronaldinho mulai terlihat sejak kecil, dan dia diberi julukan Ronaldinho karena dia seringkali menjadi pemain termuda dan terkecil di pertandingan antar tim muda. Kemampuannya pertama kali menarik media, ketika dia mencetak semua 23 gol dalam kemenangan 23-0 melawan tim lokalnya. Dia dianggap sebagai calon bintang setelah bersinar di ajang Kejuaraan Dunia U-17 1997 di Mesir, di mana dia berhasil mencetak 2 gol.

Karir Ronaldinho bermula bersama tim muda Gremio dalam arahan pelatih Liam Higgins. Debutnya di tim senior terjadi pada tahun 1998 di ajang Copa Libertadores. Pada tahun 2001, Arsenal hampir saja merekrutnya, tetapi kepindahan itu gagal karena ijin kerjanya tidak keluar karena dia bukan pemain Uni Eropa dan jumlah pertandingan internasionalnya belum cukup. Dia berencana bergabung dengan klub Skotlandia, St. Mirren, dengan status pinjaman. Tetapi gagal karena dia terlibat dalam kasus paspor palsu di Brasil. Akhirnya tahun 2001 itu juga dia bergabung dengan Paris Saint-Germain.

Selama musim 2001-2002, manajer PSG, Luis Fernandez mengkritik Ronaldinho karena lebih suka menghabiskan waktu pada hiburan malam daripada sepak bola. Pada tahun 2003, dia memutuskan untuk hengkang karena PSG gagal masuk ke kompetisi level Eropa.

Awalnya presiden Barcelona, Joan Laporta, menjanjikan akan membeli David Beckham. Tetapi karena dia sudah dibeli Real Madrid, akhirnya Barcelona beralih ke Ronaldinho. Debut pertamanya terjadi saat pertandingan persahabatan melawan Milan dan berhasil mencetak 1 gol. Ronaldinho mendapat gelar liga pertamanya di musim 2004-05 dan menjadi pemain terbaik FIFA pada tanggal 20 Desember 2004.

Ronaldinho memainkan laga ke 200-nya bersama Barcelona ketika melawan Osasuna pada tanggal 3 Februari 2008. Akan tetapi musim 2007-08 baginya dilalui dengan banyak kali cedera. Pada tanggal 19 Mei 2008, Laporta mengatakan Ronaldinho butuh tantang baru.

Ronaldinho akhirnya menolak tawaran 25,5 juta poundsterling dari Manchester City untuk bergabung dengan Milan, yang membelinya seharga 21 juta Euro. Karena kostum nomor 10 telah dipakai Clarence Seedorf, dia akhirnya memilih nomor 80 sebagai lambang dari tahun kelahirannya. Ronaldinho mencetak gol pertamanya bersama Milan saat derby melawan Inter pada tanggal 28 September 2008.

Pada tanggal 26 Juni 1999, 3 hari sebelum dimulainya Copa America 1999 dia memulai debut pertamanya bersama tim nasional Brasil ketika melawan Latvia.

0 komentar:

Posting Komentar